Pengantar Metoda Penyembuhan Reiki

REIKI: METODA PENYEMBUHAN ALAMI

 

Reiki ditemukan oleh Mikao Usui setelah beliau melakukan perjalanan spiritual yang cukup panjang dan melakukan meditasi di Gunung Kurama selama 21 hari. Pada hari-hari terakhir beliau bermeditasi, beliau dianugrahi Satori (pencerahan spiritual) dan kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri dan orang lain.

Sebenarnya pada awal system ‘Reiki’ ditemukan, Sensei Usui tidak menamakannya dengan istilah “Reiki”, beliau menyebutnya dengan istilah “Metode Untuk Mencapai Manusia Sempurna”, sedangkan murid-muridnya menyebut system ini dengan istilah “Usui Do” atau “Usui Teate”.

Istilah “Reiki” sendiri sebenarnya pertamakali digunakan oleh beberapa orang murid Sensei Usui (anggota militer) yang hanya mempelajari sebagian aspek yang diajarkan oleh Sensei Usui (sepeninggal Usui wafat, mereka membentuk perkumpulan Usui Reiki Ryoho Gakkai).

Untuk lebih mudahnya, istilah Reiki selanjutnya kita artikan sebagai seni olah spiritual yang didalamnya terdapat sebuah system penyembuhan yang sangat sederhana dengan penyaluran energi kehidupan/energi alam semesta yang diterapkan dengan azas pemasrahan diri pada kekuasaan Tuhan YME.

Penyembuhan bukanlah fokus utama ajaran Sensei Usui, beliau lebih menekankan pada peningkatan kesadaran ke-Tuhan-an, kemampuan menyembuhkan didapat pada saat seseorang semakin dekat dengan Tuhan-nya.

Sensei Usui mengajarkan kita untuk mengerti “tujuan hidup”, membangun “diri” yang waspada terhadap “arti hidup yang sebenarnya” sebagai bagian dari kesadaran menyeluruh dan menghubungkan seseorang pada tahap yang lebih tinggi dari kesadaran. Sensei mengajarkan bagaimana mengembangkan “Cinta”, membantu kita untuk mengerti arti sebenarnya dari “Cinta Tanpa Pamrih”.

Peningkatan kesadaran terjadi apabila seluruh “komponen tubuh” selaras satu sama lain, keseimbangan aspek fisik, mental, emosional dan spiritual. Penyembuhan/pengobatan dalam system ini (reiki) bertujuan untuk menyelaraskan dan menyehatkan kembali seluruh komponen tubuh kita agar siap menjalani kehidupan spiritual dengan baik.

Teknik Penyembuhan Reiki adalah sebuah bentuk penyembuhan yang “Tidak Konfrontatif” meringankan berbagai masalah dan trauma yang berbeda dengan cara yang sangat lembut. Karena sifatnya yang universal, Metoda Penyembuhan Reiki dapat dipelajari oleh siapapun, tanpa memandang agama, keyakinan, usia, maupun tingkat spiritual seseorang. Semua yang anda butuhkan adalah niat yang tulus untuk menyembuhkan dan disembuhkan.

Salah satu keunikan seni penyembuhan Reiki adalah, Reiki berkerja disetiap tingkat penyembuhan dalam diri seseorang yang meliputi tubuh fisik, emosi, mental dan spiritual. Dengan kata lain Reiki menciptakan kesembuhan secara menyeluruh (holistic). Selain itu Reiki juga mempunyai kecerdasan tersendiri, dimana energi Reiki akan bekerja sesuai dengan kebutuhan tanpa harus diarahkan dengan usaha yang keras seperti dengan menggunakan tehnik lain/aliran lain yang bisa menguras energi penyembuh/praktisi. Energi penyembuhan Reiki juga dapat dikirimkan dari kejauhan dan bahkan melintasi ruang waktu dan tempat (antar negara & benua).

Mengalami Reiki adalah mengalami komunikasi cinta dari alam raya kepada semua mahluk hidup. Secara naluriah, sejak lahir kita mengenal kegembiraan yang berasal dari sentuhan cinta kasih orang lain. Sensasi sentuhan cinta kasih hadir di dalam banyak seni penyembuhan ajaib yang tersedia disekitar kita dan kita merasakan kenyamanan dari sentuhan seseorang sebelum ketrampilan menyembuhkan mereka memberi manfaat pada tubuh kita dan mendorong semangat hidup kita. Menerima energi penyembuhan Reiki melalui tangan anda sendiri atau tangan orang lain, berarti direngkuh dan didukung oleh kekuatan hidup alam raya itu sendiri. Dengan kata lain Reiki adalah menerima Energi Kosmis yang mengalir melalui segala sesuatu yang ada di bumi ini secara Ilahi.

Reiki memperlihatkan kita kebahagiaan yang dapat dirasakan bila kita hidup secara harmonis dengan Alam Semesta dan isinya. Cintailah, jika anda ingin dicintai, berikan dengan ikhlas dan anda akan menerima balasannya berlipat ganda. Orang yang menyalurkan Reiki tak pernah mengalami kehabisan energi, karena ia terus menerus “Dialiri Energi Cinta kasih“ yang memperlihatkan kepada kita bahwa di dunia ini segala sesuatunya cukup tersedia. Reiki adalah cinta kasih tanpa pamrih (Un-Conditional Love) disebuah dunia yang sering dilanda konflik, dan itu dimulai dari diri anda untuk menyebarkan energi cinta kasih ini ke seluruh dunia ini minimal dilingkungan anda sendiri

.::: Karakteristik, Keunggulan & Manfaat Energi Penyembuhan Reiki

Reiki memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknik penyembuhan yang lain, diantaranya:

  • Mudah dipelajari, memerlukan pengetahuan yang minim
  • Mudah dilatih, tidak memerlukan latihan fisik yang melelahkan
  • Getaran energinya (vibrasi) lebih halus, lebih efektif untuk penyembuhan
  • Mengalir menuju sumber masalah atau penyakit
  • Energi tidak akan habis dan mengalir sesuai kebutuhan
  • Menyembuhkan masalah fisik,emosi, mental dan spiritual
  • Mudah didapatkan, hanya dengan attunement sekitar 20 menit
  • Dapat digunakan untuk perlindungan dan materialisasi (perwujudan keinginan)
  • Kemampuan bersifat permanen tidak ada pantangan, asal tidak menggunakan Reiki untuk tujuan negatif
  • Penyembuhan dapat dilakukan dari jarak jauh dan pemrograman
  • Energi negatif pasien tidak menular ke penyembuh
  • Energi penyembuh tidak berkurang
  • Dapat dilakukan penyembuhan berkelompok.
  • Energi penyembuhan dapat meningkat secara kuantitatif dan kualitatif setiap kali menyembuhkan/mengalirkan energi Reiki
  • Beberapa penyembuh dapat menggabungkan energi Reiki dengan energi lain untuk penyembuhan

> Beberapa manfaat Reiki, diantaranya:

  • Meningkatkan level energi dan vitalitas Anda
  • Meningkatkan intuisi  dan menjernihkan fikiran
  • Peningkatan kesehatan, kualitas hidup & pengembangan pribadi
  • Mempercepat penyembuhan luka, gangguan/hambatan, pusing migrain (sakit kepala sebelah), asma dan sebagian besar masalah kesehatan lainnya secara efektif
  • Mengurangi stress secara dramatis
  • Mempercepat kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri
  • Mengurangi rasa sakit dan efek samping obat
  • Membantu memulihkan penyakit, trauma kecelakaan dan operasi.
  • Melepaskan racun tubuh
  • Mempercepat proses penyembuhan alami dengan menyelaraskan energi tubuh
  • Menjadikan tangan Anda sebagai perangkat P3K Alami
  • Bisa diterapkan pada hewan & tumbuhan
  • Memulihkan tingkat keselarasan & keseimbangan seseorang
  • Memperpanjang umur sel tubuh dan menghaluskan kulit

.::: Attunement  / Penyelarasan Reiki

Attunement adalah proses penyelarasan dan penghubungan energi siswa dengan energi Reiki. Istilah attunement banyak dipakai oleh para Reiki Master dari dunia barat, sedangkan bentuk asli dari attunement adalah “Reiju”. Reiju diberikan oleh Sensei Usui kepada murid-muridnya yang berfungsi sebagai pemberian attunement (penyelarasan) dan empowerment (penguatan) energi Reiki yang telah diterima.

Attunement/Reiju hanya bisa dilakukan oleh seorang Reiki Master yang berhak dan mampu. Kemampuan seorang Master Reiki untuk melakukan sesuatu proses Attunement adalah didapatkan dari Master Reiki sebelumnya, dengan suatu proses yang sama. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Attunement/Reiju merupakan sesuatu yang bersifat turun-temurun dari suatu generasi Reiki ke generasi berikutnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat silsilah  keilmuan Reiki (lineage) yang akan berpusat  ke Usui.

Setelah anda di-attunement/di-reiju oleh Master Reiki, maka anda telah terhubung dan terselaraskan dengan sumber energi Reiki, sehingga anda dapat mengakses dan menyalurkan energi penyembuhan Reiki baik kepada sendiri maupun ke objek lain. Proses attunement juga berarti cara Reiki untuk “menghubungkan kembali” dan “menyelaraskan” manusia sebagai mikrokosmos dengan alam semesta jagad raya sebagai makrokosmos.

Dalam kurun waktu 2-4 minggu setelah menerima attunement Reiki, system tubuh anda akan melakukan penyesuaian dengan Reiki yang baru anda terima dan menyatukan energinya kedalam diri anda secara utuh dan sempurna. Anda akan mengalami sebuah proses penyembuhan baik secara fisik, mental, emosional maupun spiritual. Banyak orang merasakan ada aliran hawa hangat ditubuhnya ketika Reiki membersihkan dan menyeimbangkan system energi-nya yang baru. Kadang-kadang efek yang muncul bersifat emosional dan anda mungkin mengingat hal-hal yang telah anda lupakan, atau merasa sedih atau lega, atau sama sekali tak ingin menyentuh rokok dan alkohol lagi. Ada juga beberapa orang yang merasakan kenikmatan yang lebih dalam melakukan ibadah-nya.

Setelah menerima Attunement, terjadi juga fenomena “penyelarasan kembali” tubuh terhadap alam semesta. Oleh karena itu dalam rangka “penyelarasan kembali” pada Pasca-Attunement ini akan terjadi suatu proses yang disebut dengan “Detoksifikasi”, dimana untuk Reiki Tingkat Pertama yang terjadi adalah detoksifikasi secara fisik.

Bagi orang-orang tertentu, proses detoksifikasi fisik dapat berupa suatu hal yang menyenangkan, bagi lainnya mungkin tidak menyenangkan, dan ada pula yang tidak merasakan atau tidak terpengaruh adanya detoksifikasi fisik ini. Berikut ini beberapa gejala detoksifikasi fisik Pasca-Attunement Reiki bagi pemula :

  • Rasa kantuk yang berlebihan.
  • Tidur lebih nyenyak.
  • Bertambahnya energi secara berlebihan, sehingga agak sulit untuk tidur, bersemangat untuk melakukan gerakan.
  • Frekwensi buang air besar & kecil bertambah.
  • Bergesernya siklus haid.
  • Nafsu makan bertambah.
  • Dll.

Attunement Reiki juga bersifat menyelaraskan sekaligus membersihkan badan eterik secara menyeluruh. Oleh karena itu seringkali terjadi beberapa peserta pelatihan Reiki secara “mendadak” terbangkit pula kemampuan psikisnya. Kasus yang sering terjadi adalah munculnya kemampuan : Clairvoyance, atau Clairaudience dari para peserta pelatihan Reiki-Ho.

Pelatihan Reiki tidak di-disain untuk membangkitkan kemampuan-kemampuan psikis seperti ini, akan tetapi jika seseorang dilahirkan dengan potensi talenta semacam ini, maka proses Attunement Reiki secara “tidak sengaja” dapat membangkitkan bakat kemampuan-kemampuan semacam ini.

Hendaknya detoksifikasi fisik dalam bentuk apapun juga dapat diterima dan disadari sebagai sesuatu yang positif, dalam rangka tubuh kembali selaras dengan alam semesta.

Reiki selalu tersedia dan tidak terbatas. Sekali anda diselaraskan dengan energi penyembuhan reiki, anda tidak akan kehilangan energi itu dan tidak bisa digunakan secara berlebihan. Energi ini sangat aman dan sangat mudah digunakan setiap saat, dimana saja, dalam situasi apapun. Inilah saatnya merawat diri anda sendiri dengan Reiki. Semakin anda sering menggunakan Reiki, semakin besar manfaat penyembuhan yang anda peroleh disertai dengan dimulainya gaya hidup anda yang baru menuju jalan yang terang dan penuh harapan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *