Nomen Est Omen. Nama Adalah Tanda.

Nomen est Omen. Nama adalah Tanda.

Tanda kualitas dan kapasitas yang ada di dalam nama. Nama yang sama memiliki kualitas dan kapasitas yang sama.  Memberikan sebuah nama pada seseorang juga berarti memberikan kualitas dan kapasitas yang terdapat di dalam nama itu, bukan hanya sekedar kumpulan huruf dalam susunan tertentu. Apabila diberikan pada seseorang atau kelompok dengan struktur waktu yang sama maka hasilnya akan sama!

Berikut catatan beberapa peristiwa yang pernah terjadi:

Belinda Lee Perry

Keduanya lahir pada tanggal 7 Januari 1969 dan diberi nama Belinda Lee Perry. Meskipun belum berjumpa, mereka masing-masing akhirnya menyadari keberadaan Belinda Lee Perry lainnya ketika keduanya bergabung dalam Perpustakaan Sydney; ketika kartu keanggotaan salah satu Belinda dibatalkan, menyebabkan masalah bagi Belinda yang satunya lagi. Mereka berdua juga diselidiki untuk penipuan ketika kedua aplikasi dibuat untuk program beasiswa mahasiswa. Setelah menyelesaikan sekolah, keduanya bekerja di Layanan Masyarakat di New South Wales sebagai juru tulis selama 18 bulan, kemudian keduanya pindah bekerja di Sydney University untuk rentang jangka waktu yang sama. Mereka akhirnya bertemu ketika mereka berdua terdaftar sebagai mahasiswa dewasa di Universitas. Mereka pun menemukan mereka memiliki banyak kesamaan.

Marie Wanda Johnson

Kisah ini di sampaikan ulang sesuai dengan ketika pertama kali dilaporkan ke Washington Post pada tanggal 20 April 1978.

Pada saat itu, seorang bernama Wanda Marie Johnson tinggal di Adelphi, Maryland, di Prince Georges County, bekerja sebagai petugas bagasi di Union Station di Washington.

Sementara Wanda Marie Johnson lainnya tinggal di Suitland, Maryland, juga di Prince Georges County, dan bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit Umum Washington DC.

Kedua wanita ini lahir pada tanggal 15 Juni 1953 dan sebelumnya tinggal di Distrik Columbia sebelum pindah ke Prince Georges. Keduanya memiliki dua anak. Keduanya memiliki mobil Ford Granadas dua pintu tahun 1977. Sebelas angka pada nomor seri mobil mereka sama kecuali untuk tiga angka terakhir. Surat izin mengemudi mereka identik karena sistem komputer menentukan setiap nomor lisensi hanya berdasarkan nama dan tanggal lahir.

Mereka berdua melahirkan bayi mereka di Howard University Hospital. Salah seorang Wanda menyadari ada sesuatu yang salah ketika dokter di klinik mulai mengacu pada informasi medis Wanda lain. Termasuk pada tagihan yang sudah ia bayar, padahal itu adalah milik Wanda yang lainnya.

Peangaduan atas tagihan tersebut dan usaha pemulihan nama baik tidak membuahkan hasil hingga akhirnya oleh wartawan surat kabar mereka dipertemukan. Mereka saling berkenalan dan masalah pun segera tuntas dengan baik, tetapi tak satu pun di antara kedua Wanda yang siap untuk mengubah namanya.

Umberto

Umberto pemilik restoran memiliki kemiripan yang mencolok dengan Raja Umberto I dari Italia. Dia memiliki nama yang sama,  lahir di kota yang sama pada tanggal 14 Maret 1844. Dia juga menikah pada tanggal 22 April dengan seorang wanita bernama Margherita. Anaknya pun diberi nama yang sama dengan nama anak Raja; Vittorio.  Pada saat Raja Umberto I dinobatkan di tahun 1878, ia membuka restorannya.

Pada suatu hari Raja Umberto I datang ke Monza, dekat Milan, untuk membagikan hadiah untuk atlet. Malam sebelum turnamen atletik, Raja dan ajudannya pergi untuk makan malam di restoran milik Umberto. Saat ia duduk di sana raja melihat kemiripan fisik antara Umberto dan dirinya sendiri. Raja Umberto I memanggil Umberto si pemilik restoran dan mereka menjadi sangat heran ketika saling bertukar data dan pengalaman.  Saat itu pun Raja memutuskan memberikan Mahkota Kehormatan pada  Umberto si pemilik restoran dan mengundangnya untuk hadir pada turnamen atletik keesokan harinya.

Keesokan harinya Umberto si pemilik restoran tidak muncul di arena turnamen atletik. Raja Umberto I menanyakan hal tersebut pada ajudannya dan memperoleh jawaban bahwa baru saja Umberto si pemilik restoran meninggal di bunuh dengan cara ditembak. Raja Umberto I menyatakan akan menghadiri pemakaman Umberto si pemilik restoran. Dan hal itu tidak pernah terjadi, sebab Raja Umberto I juga dibunuh hari itu dengan tiga tembakan dari pistol oleh pembunuh yang sama: Gaetano Bresi.

Nomen est Omen. Nama adalah Tanda. Demikian pentingnya nama bagi manusia, sehingga sesungguhnya memberikan nama bukanlah hal yang mudah. Seseorang yang mengerti tak akan memberikan nama hanya berdasarkan bulan kelahiran, bintang yang menaungi saat kelahiran, nama orang tua, atau nama tokoh yang diperingati pada bulan itu. Memberikan nama yang sesuai dengan struktur waktu kelahirannya merupakan langkah terbaik untuk mengoptimalkan talenta yang ada dalam dirinya.

Artikel ini ditulis oleh Master Arkand pada websitenya pada tgl 4 Mei 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *